Rabu, 06 November 2019

LK8 FORMAT CATATAN REFLEKSI


LK-8 Format Catatan Refleksi

Nama Penyusun RPP  : R AGUSTINA SUWARTINI, M.Pd
Nama perefleksi         : EEH HABIBUDIN, M.Pd. 

1.    Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam RPP yang disusun?
a.    Mengamati : Peserta didik secara kelompok menyelidiki lampu hemat energi menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD
b.    Menanya : Guru mengadakan tanya jawab mengaitkan materi yang akan diajarkan dan memastikan peserta didik menguasai materi sebelumnya seperti peserta didik dapat menjelaskan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.
c.    Mengumpulkan informasi : 
-          Guru memberikan bacaan kepada peserta didik untuk membaca teks eksplanasi ilmiah mengenai Penghematan Energi Listrik.
-          Peserta didik mengamati video masalah kelangkaan sumber energi listrik
d.       mengolah data :
-          Peserta didik secara berkelompok mengolah data hasil pengamatan, dan menentukan lampu mana yang cahayanya paling terang
-          Peserta didik  mencari dari berbagai sumber bacaan tentang kaitan antara daya lampu, terang cahaya lampu, dan hemat energi
e.    Mengkomunikasikan : Guru memberi instruksi “Diskusikan dalam kelompok, apa yang kalian ketahui tentang energi dan daya listrik!”
2.    Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam proses pembelajaran di kelas?
a.       Peserta didik secara kelompok menyelidiki lampu hemat energi menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD
b.      Guru mengadakan tanya jawab mengaitkan materi yang akan diajarkan dan memastikan peserta didik menguasai materi sebelumnya seperti peserta didik dapat menjelaskan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.
c.       Guru memberikan bacaan kepada peserta didik untuk membaca teks eksplanasi ilmiah mengenai Penghematan Energi Listrik.
d.      Peserta didik mengamati video masalah kelangkaan sumber energi listrik
e.      Peserta didik secara berkelompok mengolah data hasil pengamatan, dan menentukan lampu mana yang cahayanya paling terang
f.        Peserta didik  mencari dari berbagai sumber bacaan tentang kaitan antara daya lampu, terang cahaya lampu, dan hemat energi
g.       Guru memberi instruksi “Diskusikan dalam kelompok, apa yang kalian ketahui tentang energi dan daya listrik!”

3.    Apa kendala yang ditemui selama menerapkan pembelajaran beriorientasi HOTS? 
1.    Dalam presentasi hasil praktek peserta didik belum dapat menggunakan bahasa-basa yang runtut




Tidak ada komentar:

Posting Komentar