LK-8 Format Catatan Refleksi
Nama Penyusun RPP : R AGUSTINA SUWARTINI, M.Pd
Nama perefleksi :
EEH HABIBUDIN, M.Pd.
1.
Bagaimanakah
penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam
RPP yang disusun?
a.
Mengamati : Peserta didik secara kelompok menyelidiki lampu hemat energi menggunakan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD
b.
Menanya : Guru mengadakan tanya jawab mengaitkan materi yang
akan diajarkan dan memastikan peserta didik menguasai
materi sebelumnya seperti peserta didik dapat menjelaskan, menyalurkan, dan
menghemat energi listrik.
c.
Mengumpulkan informasi :
-
Guru memberikan bacaan kepada peserta didik untuk
membaca teks eksplanasi ilmiah mengenai Penghematan Energi Listrik.
-
Peserta didik mengamati video masalah kelangkaan sumber energi listrik
d. mengolah data :
-
Peserta
didik secara
berkelompok mengolah
data hasil pengamatan, dan menentukan lampu mana yang cahayanya paling terang
-
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber
bacaan tentang kaitan antara daya lampu, terang cahaya lampu, dan hemat energi
e.
Mengkomunikasikan : Guru memberi instruksi “Diskusikan dalam kelompok, apa yang kalian
ketahui tentang energi dan daya listrik!”
2.
Bagaimanakah
penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam
proses pembelajaran di kelas?
a.
Peserta
didik secara kelompok menyelidiki lampu hemat energi menggunakan Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD
b.
Guru mengadakan tanya jawab mengaitkan materi yang
akan diajarkan dan memastikan peserta didik menguasai
materi sebelumnya seperti peserta didik dapat menjelaskan, menyalurkan, dan
menghemat energi listrik.
c.
Guru memberikan bacaan kepada peserta didik untuk
membaca teks eksplanasi ilmiah mengenai Penghematan Energi Listrik.
d.
Peserta didik mengamati video masalah kelangkaan sumber energi listrik
e.
Peserta
didik secara
berkelompok mengolah
data hasil pengamatan, dan menentukan lampu mana yang cahayanya paling terang
f.
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber
bacaan tentang kaitan antara daya lampu, terang cahaya lampu, dan hemat energi
g.
Guru
memberi instruksi “Diskusikan dalam kelompok, apa yang kalian ketahui tentang
energi dan daya listrik!”
3.
Apa
kendala yang ditemui selama menerapkan pembelajaran beriorientasi HOTS?
1.
Dalam presentasi hasil praktek peserta didik belum
dapat menggunakan bahasa-basa yang runtut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar